Site icon Baca Iseng

10 Jenis – Jenis Kendaraan Berat Yang Harus Kamu Ketahui

jenis kendaraan berat

Banyak yang belum tahu bahwa jenis – jenis kendaraan berat untuk konstruksi itu sangat banyak variasinya dan bermacam – macam. Kendaraan berat sendiri adalah salah satu bagian dari alat berat. Umumnya alat berat tersebut digunakan untuk pekerjaan pembuatan pembangunan konstruksi rumah, gedung, jalan, atau di pakai pada area pertambangan serta pabrik.

Nah berikut ini adalah jenis – jenis kendaraan berat yang Bacaiseng.com rangkum untuk kami ketahui !

1. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Bulldozer

Sumber : Pixnio.com

Bulldozer adalah kendaraan alat berat yang biasanya digunakan untuk menguruk atau mengolah lahan. Sering juga digunakan sebagai alat bantu untuk mendorong material seperti tanah hasil galian, dari segala arah atau dapat digunakan untuk membuat timbunan material.

Jenis bulldozer sendiri hingga saat ini cukup beragam teknik penggunaannya. Swamp Bulldozer contohnya, adalah bulldozer yang dapat digunakan untuk pengerjaan area rawa – rawa.

Dari bahan rodanya punt bulldozer juga dibedakan seperti jenis Wheel Tractor Dozer yang menggunakan roda karet. Crawler Tractor Dozer yang menggunakan roda kelabang.

2. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Vibro Roller

Sumber : exportersindia.com

Vibro Roller atau yang biasa di sebut dengan wales adalah alat berat yang digunakan untuk memadatkan permukaan aspal atau tanah. Kendaraan alat berat ini sering terlihat karena digunakan untuk membuat jalan raya. Di Indonesia sendiri alat ini sering di sebut dengan stum, mesin penggulung atau mesin galindong.

Ukuran alat tersebut cukup beragam, ada yang berukuran kecil, sedang hingga besar. Bisa dibilang Vibro Roller sebagai kendaraan alat berat multifungsi karena dapat digunakan di berbagai macam ukuran lahan.

3. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Excavator

Sumber : Pixnio.com

Excavator adalah jenis kendaraan berat yang biasanya digunakan untuk pekerjaan penggalian tanah dan memindahkan tanah serta material lain ke dalam truk muatan.

Kendaraan alat berat excavator yang biasa juga disebut beko di Indonesia ini menjadi salah satu kendaraan berat yang sering digunakan dalam proyek karena fungsi yang sangat beragam.

Selain fungsi utamanya adalah menggali tanah, excavator dapat digunakan untuk pekerjaan memindahkan material berat, perataan tanah, penancapan batang pondasi, pengerukan sungai dan masih banyak lainnya.

4. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Wheel Loader

Sumber : Komatsuindia.in

Wheel Loader adalah jenis kendaraan berat yang memiliki fungsi tidak terlalu berbeda dengan dozer yakni untuk memindahkan benda atau material dari suatu tempat / alat ke tempat / alat lainnya.

Memiliki cara kerja dengan melakukan loader atau menggali, yang kemudian bucket akan didorongkan pada material atau benda yang akan diangkat. Apabila bucket sudah terisi penuh, maka tractor akan mundur dan bucket akan di naikan ke atas yang kemudian dipindahkan.

Selain memilikik fungsi tersebut wheel loader sering digunakan untuk membersihkan tanah lapang atau lokasi pekerjaan proyek, meratakan tanah, menggusur tanah, dan menghaluskan permukaan bidang tanah yang rata.

5. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Scraper

Sumber : Pertambangankita

Scraper jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menggali tanah yang umumnya digunakan di tambang terbuka. Kendaraan alat berat ini mampu melakukan tiga tugas sekaligus yaitu mengangkut, memuat, dan membongkar muatan. Bentuk kendaraan berat ini agak mirip seperti truk namun memiliki perbedaan dimana scraper memiliki bak bawah yang dapat diturunkan dengan ujungnya yang memiliki bentuk seperti bilah.

Kendaraan alat berat ini efektif digunakan jika jarak angkut tidak terlalu jauh. Pada medan yang cukup berat, scraper biasanya dibantu oleh alat berat lainnya seperti bulldozer yang akan mendorong scraper untuk memberi tambahan tenaga.

6. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Crane

Crane memiliki fungsi utama sebagai pengangkut atau memindahkan bahan material dari atas ke bawah maupun sebaliknya. Crane atau biasa disebut sebagai derek jangkung sangat umum digunakan ketika pembangunan gedung. 

Dengan adanya crane bahan material yang sulit dipindahkan jika menggunakan tenaga manusia akan mudah berpindah. Biasanya pemindahan tersebut ke atap gedung atau permukaan yang lebih tinggi. Pergerakan alat berat ini sangat mobile ke segala arah mekanis baik secara vertikal dan horizontal.

7. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Grader

Sumber : Bookingtimes.com

Motor grader adalah jenis kendaraan berat yang memiliki semacam pisau panjang yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah. Selain fungsi tersebut, kendaraan alat berat ini juga digunakan untuk melakukan pencampuran tanah, penggusuran tanah, mengurug galian tanah, meratakan tanggul dan lain lain.

Sangat umum motor grader digunakan saat tahap akhir proyek seperti ketika memperbaiki, mengatur, memelihara permukaan jalan tanah dan berkerikil atau sering juga berfungsi untuk untuk mempersiapkan landasan dasar jalan raya sebelum melapisinya dengan sebaran aspal.

8. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Pneumatic Tire Roller

Sumber : Belibangunan.com

Pneumatic tired roller merupakan jenis kendaraan berat yang sering digunakan untuk memadatkan tanah. Salah satu jenis alat berat yang memiliki nama lain Universal Compactor ini, merupakan kendaraan dengan sebuah penggilas tanah yang memiliki ban dengan ciri khusus kneading effect.

Alat ini memiliki cara kerja di mana air serta udara yang dikeluarkan pada tepian ban akan menguap pada keadaan udara yang kering atau panas. Alat ini lumayan membantu ketika proses pekerjaan pemadatan tanah yang mengandung banyak air atau tanah yang memiliki tekstur lembek dan juga dapat memadatkan permukaan tanah yang halus.

Pada proyek penimbunan lahan biasanya, pada prosesnya membutuhkan pneumatic tired roller untuk memadatkan tanah tersebut.

9. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Asphalt Paver

Sumber : Cavpower.com

Asphalt Paver atau yang sering disebut dengan asphalt finisher, adalah sebuah jenis kendaraan berat yang mampu menghamparkan campuran aspal yang sebelumnya sudah dibuat oleh alat produksi aspal.

Perputaran roda kelabang manuvernya yang terlihat lebih lama menjadi kekurangan dari jenis kendaraan alat berat ini, di karenakan roda karet yang digunakan pada daya ambangnya terasa kasar.

10. Jenis – Jenis Kendaraan Berat – Diesel Hammer

Sumber : ytimg.com

Diesel hammer adalah jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk memancang atau memukul tiang pancang ke dalam tanah. Alat tersebut sering digunakan untuk membangun pondasi pada sebuah bangunan bertingkat, dermaga, jembatan tower dan bangunan lainnya.

Alat diesel hammer bekerja menggunakan mesin uap di mana mesin tersebut akan menggerakkan pemukul atau hammer pada bagian single atau double acting steam hammer.

Jenis hammer yang digunakan untuk memukul tiang pancang yang digunakan cukup beragam, ada yang memiliki model tetap, gantung, dan ada juga yang berputar pada bidang vertikal.

Exit mobile version